Apa Saja Komponen dalam marketing intelligence

Marketing intelligence adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Yuk, ketahui lebih dalam tentang pengertian marketing intelligence, jenis-jenis, dan tips menerapkannya dalam artikel ini.

Pengertian Marketing Intelligence

Secara garis besar, marketing intelligence adalah strategi yang digunakan dalam sebuah bisnis dengan cara menganalisis dan menilai berbagai informasi yang dinilai relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Informasi tersebut dapat memuat mengenai sikap dan perilaku pasar, kondisi pesaing, serta berbagai perubahan dalam lingkungan industri dan bisnis secara keseluruhan. Hasil dari analisis nantinya dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Komponen Marketing Intelligence

Marketing intelligence memiliki empat komponen penting. Masing-masing komponen memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Berikut komponen marketing intelligence yang perlu diketahui para pelaku usaha.

1. Competitor intelligence

Komponen marketing intelligence yang pertama ini mendapatkan informasi dari bisnis pesaingnya. Meski demikian, bukan berarti informasi yang dikumpulkan bersifat ilegal. Sebaliknya, informasi yang diambil berasal dari sumber-sumber yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

Adapun informasi yang bisa diperoleh oleh competitor intelligence, di antaranya:

Struktur perusahaan
Visi dan misi perusahaan
Produk dan jasa yang dijual
Kualitas produk dan jasa
Meskipun data yang didapatkan tergolong umum, tetapi jika dikumpulkan bisa membantu perusahaan dalam mempelajari kompetitor lebih dalam lagi.

2. Product intelligence

Sesuai namanya, komponen marketing intelligence ini lebih fokus pada informasi mengenai data-data produk, baik itu produk sendiri ataupun produk kompetitor. Tujuan dari pengumpulan data produk ini adalah agar bisa mengembangkan produk ke arah yang lebih baik lagi, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang telah diproduksi.

3. Marketing understanding

Jenis marketing intelligence lainnya adalah marketing understanding. Setelah barang atau jasa diproduksi, perusahaan harus menganalisis pasar dengan tujuan untuk mencapai keuntungan yang diinginkan.

Dengan adanya informasi mengenai hal tersebut perusahaan pun bisa membuat strategi bisnis yang menguntungkan ke depannya dengan berlandaskan kebutuhan pasar.

4. Customer understanding

Tidak hanya pasar, memahami pelanggan (customer understanding) juga menjadi bagian terpenting dalam mengembangkan bisnis. Itu sebabnya, sebuah perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan, pola pembelian, preferensi, dan alasan pelanggan meninggalkan produk atau jasa perusahaan.

Informasi yang diperoleh dari komponen marketing intelligence ini akan membantu perusahaan dalam menghadirkan produk atau jasa yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Tips Meningkatkan marketing Intelligence

Berikut adalah tips meningkatkan marketing intelligence dalam sebuah bisnis yang harus Anda ketahui.

1. Membuat tim penjualan

Salah satu cara meningkatkan marketing intelligence adalah dengan membuat tim khusus penjualan. Tim ini berfungsi untuk mengetahui tren dan kebutuhan pasar, mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor, serta mencari klien.

2. Mengutamakan data yang berkualitas

Dalam meningkatkan marketing intelligence, pastikan Anda selalu menggunakan data-data yang berkualitas. Data berkualitas ini penting untuk menunjang kebutuhan usaha.

3. Menggunakan platform analisis yang tepat

Menggunakan platform analisis yang tepat menjadi bagian dalam meningkatkan marketing intelligence. Sebaiknya, gunakan platform analisis marketing yang fleksibel agar membantu tim marketing membuat keputusan yang tepat.

4. Mengumpulkan feedback customer

Tips meningkatkan marketing intelligence yang tidak kalah penting adalah mengumpulkan feedback customer. Feedback ini dibutuhkan tim marketing sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki produk dan layanan dari perusahaan Anda.
Itulah keempat komponen marketing intelligence. Jangan abaikan semua komponen jika Anda ingin memaksimalkan strategi pemasaran yang optimal bagi bisnis Anda.

“https://startupstudio.id/4-komponen-marketing-intelligence-dalam-bisnis/”

Posted in